Cari dengan kata kunci

Gebyar Seni Budaya Dalam Ulang Tahun Institut Kesenian Jakarta ke 45

gebyar-seni-budaya-dalam-ulang-tahun-institut-kesenian-jakarta-ke-45.jpg

Gebyar Seni Budaya Dalam Ulang Tahun Institut Kesenian Jakarta ke 45

Dalam rangka ulang tahun ke 45 tahun, Institut Kesenian Jakarta (IKJ) mengadakan serangkaian acara di Kampus IKJ dan Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Dimulai dari tanggal 5 sampai 6 Juni bertempat di area kampus IKJ berupa acara Open House IKJ.

Agenda Budaya

Dalam rangka ulang tahun ke 45 tahun, Institut Kesenian Jakarta (IKJ) mengadakan serangkaian acara di Kampus IKJ dan Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Dimulai dari tanggal 5 sampai 6 Juni bertempat di area kampus IKJ berupa acara Open House IKJ. Acara Open House IKJ adalah sebuah program buat mereka yang baru menyelesaikan pendidikan SMA/SMK, Pascasarjana dan masyarakat umum, dalam bentuk kunjungan dan tur ke kelas dan studio dalam fakultas-fakultas di IKJ.

Open House IKJ juga diramaikan dengan Festival Seni berupa beragam pertunjukan seperti tari, teater, lenong, musik dan pameran, pemutaran film serta bazaar seni, pameran karya seni rupa, diskusi film dan talkshow mengenai pendidikan seni di IKJ untuk dunia kerja di masa depan. Semua kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari. Khusus di hari kedua Open House IKJ, berbagai workshop seni yang sangat menarik diadakan dengan berbagai tema.

Dalam rangkaian kegiatan itu ditampilkan pula kehebatan karya-karya dan berbagai aktifitas menarik dari tiga fakultas yang ada di IKJ, yakni Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa, serta Fakultas Film dan Televisi.

Selain itu juga digelar arak-arakan 45 tahun IKJ. Tumpeng yang diusung dalam arak-arakan ini diikuti oleh berbagai kelompok yang terdiri dari Ondel-ondel setinggi 3 meter yang mewakili Tradisi, Modern dan Kontemporer, Kelompok Marawis dan penarinya, pembawa enam kembang kelapa, kelompok tarian Betawi Kontemporer, kelompok dagelan Bobodoran, parade busana, figur Betawi Kontemporer, Kelompok Mime Street, tetabuhan musik Sulawesi dan banyak lagi.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.

Tagar:

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.