Cari dengan kata kunci

Menyelami Dunia Bawah Laut di Sea World Indonesia

sea_world_1200.jpg

Menyelami Dunia Bawah Laut di Sea World Indonesia

Kebanyakan keluarga di perkotaan cenderung lebih memilih mengisi waktu liburnya dengan pergi ke pusat perbelanjaan atau mal. Pilihan liburan lain yang digemari anak-anak adalah menonton televisi atau bermain video game di rumah.

Pariwisata

Kebanyakan keluarga di perkotaan cenderung lebih memilih mengisi waktu liburnya dengan pergi ke pusat perbelanjaan atau mal. Pilihan liburan lain yang digemari anak-anak adalah menonton televisi atau bermain video game di rumah. Padahal jika ditelisik, banyak kegiatan di luar rumah yang bisa memberikan manfaat kepada anak, baik secara fisik maupun psikologis.

Kegiatan-kegiatan sederhana seperti berkebun, bersepeda, bermain layang-layang, hingga bermain di taman atau mengunjungi kebun binatang merupakan contoh kegiatan di luar rumah yang mampu mengembangkan daya motorik anak. Anak yang menyukai kegiatan di luar rumah cenderung memiliki keseimbangan antara tubuh dan daya pikirnya, sehingga mampu tumbuh dan berkembang dengan baik dan sempurna.

Sea World Indonesia merupakan salah satu wahana edukasi sambil bermain yang didirikan untuk memenuhi fungsi tersebut. Berlokasi di Jalan Lodan Timur No. 7, Jakarta Utara, Sea World diresmikan pada 1982 oleh Gubernur DKI Jakarta, Wiyogo Atmodarminto.

Sebagai taman biota laut kebanggaan Kota Jakarta, Sea World menyimpan berbagai koleksi ikan, baik dari perairan Indonesia maupun perairan asing. Menempati lahan seluas 3 hektare, Sea World Indonesia menampung hingga lebih dari 3.000 spesies ikan.

Berbagai spesies ikan tersebut tersimpan di akuarium-akuarium besar yang dilengkapi dengan penjelasan singkat berupa nama hewan dan habitat aslinya. Hal ini untuk memudahkan pengunjung dalam menyerap informasi mengenai visualisasi yang mereka temukan selama di dalam Sea World Indonesia.

Koleksi hewan air yang ada di Sea World Indonesia tidak hanya berupa ikan. Pada akuarium bertajuk Otter misalnya. Di akuarium ini, pengunjung akan menemukan hewan air berupa lingsang. Hewan ini memiliki tubuh yang panjang, licin, dan pandai berenang. Yang menarik, sesekali lingsang suka mengeluarkan suara-suara dengan berbagai tipe, seperti ketika sedang memberi salam kepada temannya, ketika memberi peringatan, atau bahkan hewan ini akan mengeluarkan suara khas ketika mengundang kawin kepada lawan jenisnya.

Selain Otter, terdapat akuarium seru lainnya seperti Aqurest, Aquarapaima, Giant Pasific Octopus, dan SharkQuarium. Jika sudah menjelajahi berbagai akuarium dan melihat keindahan biota laut di dalamnya, pengunjung juga bisa menyentuh ikan dan hewan air lainnya di wahana Touch Pool. Wahana ini memungkinkan pengunjung mengembangkan daya motorik anak. Pada wahana ini, anak-anak diuji keberaniannya untuk menyentuh binatang air yang ada pada wahana.

Main Tank merupakan wahana yang paling banyak digemari pengunjung yang datang ke Sea World Indonesia. Di wahana ini, setiap pengunjung akan dibawa masuk ke dalam lorong akuarium besar. Dari dalam lorong tersebut, pengunjung dapat menyaksikan berbagai ikan dan biota laut lainnya, mulai dari yang kecil hingga yang paling besar. Pada waktu-waktu tertentu, layar utama wahana Main Tank juga mempertontonkan pertunjukan akrobatik menyelam yang dipentaskan oleh penyelam profesional dari Sea World Indonesia.

Sebagai salah satu objek wisata keluarga yang digemari oleh masyarakat, Sea World Indonesia juga dilengkapi berbagai fasilitas pendukung lainnya, seperti tempat makan, toko suvenir, hingga tempat penitipan bayi. Dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau, Sea World Indonesia menjadi destinasi wisata keluarga yang bagus sebagai ajang edukasi bagi anak-anak agar mereka mencintai alam laut nusantara sejak dini. [AhmadIbo/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • NULL

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.