Cari dengan kata kunci

Loading Events

Teater Jangkar Bumi Pentaskan Pertunjukan Berjudul “Dukun-Dukunan”

Teater Jangkar Bumi Pentaskan  Pertunjukan Berjudul “Dukun-Dukunan”

Teater Jangkar Bumi Pentaskan Pertunjukan Berjudul “Dukun-Dukunan”

Pertunjukan ini berkisah tentang seorang ayah dan anak yang sering beradu argumen karena si ayah selalu saja bersantai setiap harinya, karena tak kunjung mempunyai pekerjaan.

  • February 16, 2019 @ 12:00 am - February 16, 2019 @ 12:00 am
  • Instagram Live Indonesia Kaya
  • Gratis


Teater Jangkar Bumi didukung oleh www.indonesiakaya.com menggelar pentas berjudul “Dukun-Dukunan” pada tanggal 16 Februari 2019 di Gedung Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah, Jl. Ir. Sutami, Jebres Kota Surakarta. Teater yang berasal dari Madrasah Aliyah (MA) Qudsiyyah Kudus ini pernah meraih gelar Teater Terbaik I dalam ajang Teater Djarum Award – Festival Teater Pelajar ke-11 (FTP-XI) tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Teater Djarum bersama Departemen Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus.

Naskah Dukun-Dukunan diambil dari karya Moliere yang diadaptasi oleh Puthut Bukhori. Pertunjukan ini berkisah tentang seorang ayah dan anak yang sering beradu argumen karena si ayah selalu saja bersantai setiap harinya, karena tak kunjung mempunyai pekerjaan. Padahal sang anak telah membanting tulang untuk menyambung hidup.

Si anak yang sudah lelah dengan kelakuan ayahnya mendapatkan akal ketika datang seseorang menanyakan alamat seorang dukun sakti kepadanya. Ide anaknya membuat sang ayah bersandiwara menjadi dukun sakti yang diminta oleh orang tersebut untuk menyembuhkan penyakit anak majikannya. Saat tiba di rumah majikan, bagai dukun sakti, sang ayah mengeluarkan jurus-jurus yang dianggap sukar dijangkau oleh kemampuan manusia biasa. Berbagai adegan kocak dan satir mewarnai sandiwara sang ayah. Akhirnya terkuak, bahwa anak sang majikan tidak sakit sungguhan. Dia pura-pura sakit karena berusaha menolak rencana orang tuanya yang memaksanya untuk melanjutkan sekolah yang tidak sesuai dengan yang diinginkannya.

Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Indonesia, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya. Cinta Budaya, Cinta Indonesia.

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.