Cari dengan kata kunci

Loading Events

Pertunjukan Berjudul Gandang Sarunai di Festival Nan Jombang

Pertunjukan Berjudul Gandang Sarunai di Festival Nan Jombang

Pertunjukan Berjudul Gandang Sarunai di Festival Nan Jombang

Pelestarian dan pemertahanan aset budaya seperti kesenian tradisi yang dapat dilakukan terus menerus juga dengan dukungan para penikmat seni

  • July 3, 2019 @ 8:00 pm
  • Instagram Live Indonesia Kaya
  • Gratis


Pelestarian dan pemertahanan aset budaya seperti kesenian tradisi yang dapat dilakukan terus menerus juga dengan  dukungan para penikmat seni itu sendiri. Dengan kehadiran serta apresiasi dari penikmat seni yang ada di Sumatera Barat, dan Padang khususnya menjadikan kegiatan yang mengapresiasi kesenian tradisi seperti Festival Nan Jombang tgl 3 ini akan terus berkembang. Festival Nan Jombang tgl 3 hadir sebagai bagian dari kepedulian seniman dan masyarakat terhadap kesenian tradisi. Galombang Minangkabau di bawah payung Nan Jombang Dance Company berkomitmen untuk selalu mempertahankan keberadaan Festival Nan Jombang tgl 3 sebagai bentuk penghargaan kepada para seniman tradisi yang ada di Sumatra Barat.

Juli ini, sebagai salah satu bentuk usaha pemertahanan dan pelestarian kesenian tradisi yang ada di Sumatera Barat, Galombang Minangkabau kembali menyelenggarakan Festival Nan Jombang tgl 3 bulan ketujuh di tahun ketujuh ini secara konsisten. Kesenian yang akan ditampilkan di Festival Nan Jombang tgl 3 kali ini yakni kesenian Gandang Sarunai yang berasal dari Muaro Labuah Kecamatan Solok Selatan. 

Memboyong kesenian Gandang Sarunai dari Solok Selatan, grup Karang Taruna Lubuak Sati pimpinan bapak Yusrial Katik Lembang Batuah tidak hanya menampilkan kesenian tradisi Gandang Sarunai namun juga menampilkan pertunjukan eksplorasi dari instrumen Sarunai. Pada pertunjukannya nanti di Festival Nan Jombang tgl 3 grup Karang Taruna akan menampilkan pertunjukan asli dari Gadang Sarunai tersebut, yakni dengan dua pemain gendang dan satu pemain Sarunai. Pada perkembangannya kesenian Gadang Sarunai juga sudah dibawakan dengan diiringi dendang seperti Saluang dan Rabab. 

Menurut pemaparan bapak Yusrial Katik Lembang Batuah grup karang Taruna Lubuak Sati dengan kesenian Gandang Sarunai ini telah ada selama hampir 300 tahun. Hal tersebut beliau sampaikan juga dengan pengetahuan bahwa kesenian ini telah diturunkan selama 6 generasi. Dengan keberadaannya dan pemaparan tentang kesenian Gandang Sarunai ini akan sangat mengesankan untuk dapat menyaksikannya dan menjadi penikmat dari salah satu kesenian yang sudah dipertahankan dengan baik hampir 300 tahun. Menampilkannya di Festival Nan Jombang tgl 3 merupakan salah satu usaha yang kita lakukan bersama untuk mendokumentasikan dan memperkenalkannya lebih luas lagi bagi masyarakat Minangkabau. 

Pertunjukan Gadang Sarunai dari Grup Karang Taruna Lembang Sati ini dapat kita saksikan pada Festival Naan Jombang tgl 3 Juli nanti, seperti pada penyelenggaraan- penyelenggaraan sebelumnya dapat disaksikan di Ladang Tari Nan Jombang Balai Baru Padang. Festival Nan Jombang Tgl 3 merupakan program tahunan Nan Jombang Grup. Tahun ini untuk kesekian kalinya Bakti  Budaya Djarum Foundation kembali mendukung kegiatan Festival Nan Jombang Tgl 3. 

Info lebih lanjut, silahkan menghubungi panitia :
Angga Djamar : 0812 6616 716
www.nanjombangdance.id

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.