Cari dengan kata kunci

2024-07-25 02:00:44

Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya

INTENSIF MUSIKAL BUDAYA

Perkembangan dunia teater musikal sekarang ini masih belum diimbangi dengan ketersediaan talenta pelaku seni yang mencukupi. Indonesia Kaya melalui program Ruang Kreatif memiliki komitmen untuk membimbing dan mengembangkan talenta-talenta panggung Indonesia untuk menjadi para profesional di bidangnya, sehingga dapat memenuhi kebutuhan di dalam industri seni pertunjukan panggung.

Setelah meluluskan dua generasi pelaku teater musikal lewat program-program sebelumnya, Indonesia Kaya mempersembahkan Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya. Program ini merupakan kelas pembelajaran musikal intensif gratis bagi seniman panggung, dengan kurikulum yang menggabungkan disiplin teknik berstandar internasional dan muatan Nusantara untuk menyesuaikan kebutuhan industri seni pertunjukan di Indonesia, diolah dan disampaikan oleh para pengajar yang telah memiliki pengalaman baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Indonesia Kaya telah menyelenggarakan program pelatihan serupa di tahun 2019 dengan 672 peminat yang kemudian disaring menjadi 70 peserta terpilih, dan kembali di tahun 2021-2022 dengan konsep kelas hybrid online dan offline yang intensif, diadakan terbatas untuk 100 orang peserta.
Selain itu, Indonesia Kaya juga telah berkolaborasi dengan beberapa seniman untuk memproduksi beberapa judul serial musikal orisinal yang ditampilkan secara online di kanal Youtube IndonesiaKaya dan mendapat sambutan baik dari penonton, diantaranya Serial Musikal Nurbaya dan Serial Musikal Payung Fantasi.

Pengajar

Pasha Prakasa

Dance Teacher

Pasha merupakan seorang penampil, koreografer dan sutradara dan guru yang telah lama berkecimpung di dunia musikal Indonesia dan mancanegara. Setelah lulus dari Ohio University dan Marymount Manhattan College di bidang Musical Theatre Program, Pasha berkecimpung di dunia teater musikal baik di dalam maupun luar negeri, terutama USA. Pengalaman panggungnya di USA diantaranya adalah Miss Saigon US Tour, West Side Story Revue, Oscar Hammerstein Awards, dan masih banyak lagi. Di Indonesia, Pasha aktif sebagai koreografer dan sutradara, dan sudah terlibat dalam beberapa karya ternama Indonesia, seperti Serial Musikal Nurbaya, Serial Musikal Payung Fantasi, Film Petualangan Sherina 2, dan Musikal Keluarga Cemara. Pasha juga kerap belajar kepada seniman-seniman senior, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, seperti Vic DiMonday (Theatre Dance Teacher dari Alvin Ailey), Garin Nugroho, Riri Riza, Marty Kudelka (Koreografer Justin Timberlake) dan masih banyak lagi.
Baca Lebih Lanjut

Ufa Sofura

Dance Teacher

Nama Ufa sudah tidak asing lagi di dunia tari Indonesia. Penari dan koreografer muda Indonesia ini telah belajar berbagai jenis tarian, mulai dari kontemporer maupun tradisi. Ufa telah belajar tari di berbagai negara, mengikuti kelas dan sertifikasi seperti T.H.E Dance Company instensive workshop 2011 (Singapore), Millenium Dance Complex Certificate Program 2016 (USA), Urban Dance Camp 2014 (Germany), Summerjam Dance Camp 2015-2019 (Singapore), dan masih banyak lagi. Selama perjalanan kariernya, Ufa tak hanya menari, tetapi juga menciptakan koreografi dan berkolaborasi dengan seniman lainnya, seperti kolaborasi dengan Eko Supriyanto & Didik Ninik Towok untuk Indonesia Menari 2020, Culture Mission Tour Indonesia di USA 2013, Opening Miss World di Bali 2013, dan banyak lagi. Ufa juga merupakan pengajar tari, dengan pengalaman baik di dalam maupun luar negeri, diantaranya adalah Summer Jam Dance Camp 2018, Gigi Art Of Dance, Indonesian Dance Theatre dan Dance Guilds LSPR 2021. Ufa juga belajar dengan banyak penari senior lainnya, seperi Zhang Xiao Xiong (Taiwan), Dana Foglia (USA), Pat Cruz & Vinh Nguyen (USA).
Baca Lebih Lanjut

Ayu Gurnitha

Dance Teacher

Ayu Gurnitha merupakan seorang seniman panggung dan koreografer yang telah berkecimpung di dunia musikal Indonesia. Dalam perjalanannya, Ayu banyak mendapatkan pelatihan di berbagai studio dan komunitas tari baik dalam dan luar negeri, diantaranya Millennium Dance Complex & Playground (USA), Summer Jam Dance Camp (Singapura), Dance Teacher Training Program by AK Kreates (Singapura), Gigi Art of Dance dan juga merupakan salah satu peserta program IMB 2019 yang mendapatkan beasiswa untuk pelatihan singkat di New York. Aktif tampil di panggung musikal dan film, Ayu terlibat dalam beberapa musikal di Indonesia seperti Musikal Keluarga Cemara, film Petualangan Sherina 2, Serial Musikal Nurbaya, Serial Musikal Payung Fantasi, dan banyak lagi. Ayu juga aktif mengajar di Steps Academy dan telah berpengalaman sebagai assistant choreographer untuk berbagai macam pertunjukan, diantaranya Musikal Keluarga Cemara dan film Biarkan Aku Menari. Ayu telah belajar dengan berbagai seniman baik di dalam maupun luar negeri dengan berbagai genre, seperti Semmy Blank, Sorah Yang (US), Akanen Miyoshi (Jepang) dan banyak lagi.
Baca Lebih Lanjut

Andrea Miranda

Vocal Teacher

Andrea adalah salah satu penyanyi sopran Indonesia yang aktif di bidang seni panggung, terutama musikal, sebagai pemain, vocal director dan guru. Andrea mengenyam pendidikan di dalam dan luar negeri dan merupakan lulusan dari Universitas Pelita Harapan (Vocal performance) dan New York Film Academy (Musical Theatre Conservatory). Sehari-harinya, Andrea merupakan Musical Theater and Contemporary Voice Lecturer di almamaternya, Universitas Pelita Harapan. Ia juga mengajar di Purwa Caraka Music Studio sebagai Voice Teacher dan Head of Curriculum. Andrea juga terlibat sebagai Vocal Director di berbagai pertunjukan musikal, seperti Serial Musikal Nurbaya, dan The Addams Family (Jakarta). Sebagai seniman panggung, Andrea telah aktif di musikal Indonesia sejak awal mula naiknya popularitas musikal lokal, melalui judul-judul terkenal seperti Onrop Musikal, RENT (Jakarta), Opera Ainun, dan banyak lagi. Andrea Juga belajar dengan coach-coach dari luar ataupun dalam negeri, diantaranya adalah Seth Riggs (vocal coach untuk Prince, Michael Jackson, Madonna, Barbra Streisand), Barry Potts, Kristy Cates (Wicked, Finding Neverland, Charlie and the Chocolate Factory).
Baca Lebih Lanjut

Dani Dumadi

Vocal Teacher

Dani telah lama berkecimpung di dunia musik sebagai vocal coach untuk berbagai instansi dengan fokus kepada choir dan ensemble. Pendidikan formal Dani sebagai vokalis dan vocal teacher adalah Certificate in Vocal Pedagogy di Voice Study Centre, UK dan Diploma of the Associated Board of the Royal Schools of Music (DipABRSM) dalam bidang Singing Performance. Sekarang, ia tengah mengikuti Pendidikan Master of Arts in Voice Pedagogy di University of Wales Trinity Saint David, UK. Lebih banyak berkecimpung di bidang choir, Dani telah mengajar di beberapa sekolah musik terkemuka di Jakarta, seperti The Resonanz Music Studio dan Gita Nada School of Music. Ia juga berkali-kali tampil bersama Batavia Madrigal Singers, yang telah meraih banyak penghargaan baik di dalam maupun di luar negeri. Dani belajar dengan banyak guru dari dalam dan luar negeri, seperti penyanyi tenor Issachah Savage (USA) dan Dominic Natoli (UK), dan juga dengan Joseph Kristianto, Avip Priyatna dan Farman Purnama.
Baca Lebih Lanjut

Venytha Yoshiantini

Acting Teacher

Venytha Yoshiantini adalah seorang seniman panggung, koreografer, sutradara dan pengajar yang aktif di bidang teater musikal. Sebelum berkarier secara profesional, Venytha mengenyam Pendidikan di Singapura, mendapatkan BA (Hons) Musical Theatre, First Class Honors dari Lasalle College of the Arts dan Theatre Diploma in Theatre English Drama with Distinction dari Nanyang Academy of Fine Arts. Selama kariernya, Venytha sudah bekerjasama dengan banyak pihak, seperti Universal Studios Singapore, Trans Studio, dan metro TV. Ia juga terlibat dalam berbagai pertunjukan, diantaranya Resort World Sentosa Shows, beberapa naskah Shakespeare, Hairspray, dan Musikal Keluarga Cemara. Venytha juga kerap kali membagi ilmu kepada banyak komunitas dan institusi kesenian di dalam dan luar negeri, mengajarkan lini disiplin teater musikal, penulisan naskah, dan akting. Venytha juga belajar kepada beberapa nama-nama senior di bidang pertunjukan, seperti Nikki Snelson (Legally Blonde The Musical), Ian Loy, Aaron Hales, Tony McGill, dan masih banyak lagi.
Baca Lebih Lanjut

Putri Indam Kamila

Acting Teacher

Putri Indam Kamila adalah aktor dan pengajar bidang musikal yang telah malang melintang di industri musikal Indonesia. Lulusan BA (Hons) Musical Theatre with First Class Honors dari LASALLE College of The Arts di Singapura ini adalah salah satu peserta program IMB tahun 2019 yang mendapatkan beasiswa untuk mengikuti pelatihan singkat di New York. Tak hanya akting, Putri juga mengajar berbagai disiplin seni yang berkaitan dengan musikal, beberapa pengalamannya adalah pengajar Jazz Dance di UPH Conservatory of Music, Acting and Dance in Musical Theatre di ARENDI, Broadway Jazz di Gigi Art of Dance. Putri juga aktif sebagai seniman profesional dan telah terlibat dalam beberapa pertunjukan dan film, seperti Musikal Keluarga Cemara, Hairspray the Musical, Serial Musikal Nurbaya, Serial Musikal Payung Fantasi dan film Petualangan Sherina 2. Putri belajar kepada beberapa seniman senior baik dalam dan luar negeri, seperti Nikki Snelson (Legally Blonde The Musical), Aubrey Mellor, Kaye Tuckerman, Gianti Giadi dan Budi Miller.
Baca Lebih Lanjut

PELATIHAN

Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya merupakan program intensif yang mengintegrasikan tiga lini disiplin dalam seni panggung, yaitu akting, musik dan tari, sehingga menjadi satu kesatuan yang saling mendukung dalam pertunjukan. Peserta yang telah memiliki dasar akting, tari dan vokal akan kembali dipoles kemampuannya dan diajarkan untuk menggunakan semua skillset mereka secara bersamaan di dalam konteks musikal.

Periode
Pendaftaran

20 Jun 2024

Pendaftaran dibuka

28 Jul 2024

Pendaftaran ditutup

10 - 11 Agu 2024

Audisi offline

16 Agu 2024

Pengumuman Penerimaan

Periode Kelas

14, 15 dan 21, 22 Sept 2024

Kelas Persiapan

5 Okt -
21 Des 2024

Term 1

4 Jan -
22 Mar 2025

Term 2

21 Apr -
2 Mei 2025

Term 3

Materi Pelajaran

Kelas Persiapan
Kelas Persiapan disediakan untuk penyetaraan kemampuan seluruh peserta. Kelas ini berfokus untuk menguatkan fondasi dan pemahaman pelajaran bagi para peserta yang membutuhkan, sehingga dapat memulai Term 1 dengan standar pemahaman dan kemampuan yang sesuai.

Term 1
Peserta mempelajari dasar dari akting, musik dan tari, dan juga sejarah musikal. Para peserta diajarkan untuk mengenali tubuh mereka lebih jauh melalui latihan dalam kelas akting. Dalam kelas tari, peserta diperkenalkan dengan dasar-dasar dari tari ballet, jazz, modern, kontemporer dan tradisi. Dalam kelas musik dan vokal, peserta belajar teknik menyanyi yang benar, mengenal teknik klasik dan kontemporer, dan juga melatih kemampuan sight reading mereka.

Term 2
Selain pelatihan teknik-teknik yang tetap berlanjut, peserta mulai mengaplikasikan apa yang mereka pelajari di Term 1 dalam bentuk grup dan ensemble work, dan mulai menggabungkan musik, vokal, akting dan tari untuk membentuk suatu pertunjukan. Peserta tak hanya belajar musical numbers dari teater musikal yang populer secara internasional, tetapi juga mengulik muatan musikal lokal, seperti Musikal Nurbaya.

Term 3
Peserta mengalami proses pembuatan sebuah produksi teater musikal, mulai dari audisi, mempelajari naskah, koreografi dan lagu, membiasakan sikap profesionalitas di atas dan di belakang panggung, dan juga kesempatan untuk tampil dan ditonton oleh publik.

REGISTRASI

Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya merupakan program kelas intensif musikal gratis yang akan lebih terfokus untuk perkembangan kemampuan masing-masing peserta. Kuota program ini terbatas untuk 45 peserta.

Untuk mendaftar, buat video audisi sesuai dengan ketentuan dan isi formulir pendaftaran dengan lengkap. Ketidaklengkapan pengisian formulir dan video audisi akan berdampak pada seleksi awal.

Tiap peserta akan melalui proses sebagai berikut:

  1. Peserta membuat 5 buah video audisi sesuai ketentuan.
  2. Peserta mengisi formulir dan menyematkan link video sesuai dengan petunjuk.
  3. Indonesia Kaya akan mengirimkan surat panggilan audisi atau surat penolakan pada tanggal 5-6 Agustus 2024.
  4. Audisi akan diadakan tanggal 10-11 Agustus 2024 di Jakarta.
  5. Surat penerimaan 45 peserta Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya akan dikirimkan tanggal 16 Agustus 2024.

Periode Pendaftaran:
Periode Registrasi: 20 Juni 2024 – 28 Juli 2024
Audisi offline: 10-11 Agustus 2024
Pengumuman Penerimaan: 16 Agustus 2024


Syarat Peserta:

  • Berusia 16-30 tahun di bulan September 2024.
  • Berbahasa Inggris dengan baik.
  • Memiliki kemampuan dasar dalam menari (jenis tarian bebas).
  • Memiliki komitmen untuk mengikuti program selama 8-10 bulan.
  • Lebih baik jika memiliki kemampuan sight reading/prima vista.

Panduan Video Audisi
Upload 5 video audisi di youtube atau google drive dengan spesifikasi sebagai berikut:

  1. Video menari dan akting harus memperlihatkan seluruh tubuh, terutama untuk video menari, jangan sampai ada bagian tubuh yang terpotong.
  2. Video lengkap tanpa edit dan potongan.
  3. Video dalam format horizontal
  4. Video memiliki lighting yang cukup.
  5. Video vokal boleh acapella atau diiringi musik, wajib menyanyi live tanpa editing.

Video yang harus dibuat peserta:
1 (satu) video akting dengan monolog yang dapat dipilih di sini.

2 (dua) video menari:

  • Video menari sesuai koreografi yang diberikan. Pelajari koreografinya di sini.
  • Video menari freestyle.

2 (dua) video vokal dengan 2 lagu yang bertolak belakang (contoh: lagu ballad dan lagu pop upbeat). 1 lagu berbahasa Indonesia dan 1 lagu berbahasa Inggris.

Penamaan judul/file video dengan format:
IMB 2024 - Nama Peserta - Akting/ Tari Koreografi/ Tari Freestyle/ Lagu Indonesia/ Lagu Inggris

Ikuti Intensif Musikal Budaya di Instagram
Cek Instagram kami

Dapatkan Info IMB
Selengkapnya

Harap kirimkan informasi kontak Anda, untuk mendapatkan informasi kegiatan lebih lanjut.


    KONTAK
    [email protected]
    +62 811-1719-197 (Whatsapp)