Cari dengan kata kunci

Klapertart, Kue Lezat Menggoda Khas Manado

klapertart_1290.jpg

Klapertart, Kue Lezat Menggoda Khas Manado

Kue ini menjadi salah satu ikon kuliner khas Kota Manado. Rasanya yang lezat sudah dikenal oleh seluruh masyarakat di nusantara. Tidak jarang kue ini juga dijadikan oleh-oleh wajib wisatawan yang berkunjung ke Manado.

Kuliner

Kue ini menjadi salah satu ikon kuliner khas Kota Manado. Rasanya yang lezat sudah dikenal oleh seluruh masyarakat di nusantara. Tidak jarang kue ini juga dijadikan oleh-oleh wajib wisatawan yang berkunjung ke Manado. Inilah Klapertart, kue lezat yang mampu menggoda siapa saja untuk mencicipinya.

Klapertart atau klepertart konon telah ada sejak zaman Belanda menduduki Kota Manado. Kue ini konon juga dipercaya sebagai peninggalan negara berjuluk kincir angin tersebut di bidang kuliner khususnya kue. Adanya rum sebagai salah satu bahan yang digunakan, menjadi salah satu contoh kue klepertart memang merupakan peninggalan bangsa Belanda.

Selain rum, ada berbagai bahan lainnya seperti kuning telur, tepung terigu, margarin, dan susu cair, yang digunakan dalam proses pembuatannya. Bahan-bahan tersebut diaduk kemudian di bentuk dengan wadah bulat dan dimasukkan ke dalam oven.

Rasa klepertart pada awalnya hanya berupa kacang kenari saja namun seiring waktu dan perkembangan zaman berbagai varian lahir serta melahirkan jenis rasa yang mengunggah selera. Rasa seperti, coklat, vanili, strawberi, dan kacang, menjadi rasa yang paling banyak dijual di sini. Jika sebelumnya klepertart menggunakan rum sebagai penghasil aroma yang tajam, kini tidak semua klepertart menggunakan rum sebagai salah satu bahan pembuatannya.

Berkunjung ke Kota Manado, ada baiknya bagi Anda para pecinta jajanan nusantara mencicipi kue yang beraroma tajam ini. Dalam sekali gigitan, akan terasa lezatnya klepertart dan akan membuat lidah seperti tidak mau berhenti untuk mengunyah kue ini.

Harga klepertart pun sangat bervariasi, semua tergantung dari besar kecilnya ukuran klapertat. Harganya pun sangat terjangkau, kue ini dijual dengan harga mulai dari Rp20.000 hingga Rp150.000. [Riky/IndonesiaKaya]

Informasi Selengkapnya
  • Elsa Dwi Lestari

  • Indonesia Kaya

Berlangganan buletin Indonesia Kaya

Daftar ke buletin email Indonesia Kaya untuk mengikuti berita dan acara terkini.